DESAIN TEKS
Kompetensi Dasar
3.3. Memahami cara membuat desain teks
3.4. Memahami cara memberi efek pada teks menggunakan aplikasi pengolah teks
Prinsip-prinsip Desain
Dalam desain teks, prinsip desain harus diikuti secara ketat dan detail maka peluang untuk
menghasilkan karya grafis yang berkualitas akan semakin besar.
Prinsip-prinsip desain menurut
Stephen McElroy adalah :
1.
Keseimbangan, artinya halaman harus tampil seimbang
dan harmonis.
2. Penekanan, memberi pengertian bahwa tidak semua unsur
grafis adalah sama pentingnya dan perhatian pembaca harus difokuskan pada titik
fokus.
3. Irama, artinya pola yang diciptakan dengan mengulangi
dan membuat variasi dari unsur grafis yang ada dan menggunakan ruangan
diantaranya untuk memberikan kesan gerak.
4. Kesatuan, mengandung pengertian semua bagian dari
unsur grafis bersatu pada dan serasi sehingga pembaca memahaminya sebagai suatu
kesatuan.
Sedangkan menurut Atisah
Sipahelut (1991), lima prinsip desain yaitu :
1.
Kesederhanaan, artinya apa yang disajikan adalah apa
yang paling penting atau prinsipil sehingga tidak tidak terkesan berlebih.
2.
Keselarasan, artinya ada kesesuaian antara bagian yang
satu dengan lainnya.
3.
Irama, mengandung arti adanya keselarasan yang baik
dan dapat menimbulkan kesan gerak gemulai dari bagian unsur yang satu kepada
unsur yang lain dalam suatu susunan komposisi.
4.
Kesatupaduan, artinya karya dapat menghasilkan sebuah
karya yang padu.
5.
Keseimbangan, merupakan prinsip penting sebagai
sentuhan akhir (finishing touch) yang memerlukan kepekaan perasaan dalam
pembuatan komposisi.
Prinsip-prinsip desain menurut
Artini adalah :
1.
Keseimbangan, merupakan prinsip mendasar dari
komposisi yang mudah diidentifikasi dan terlihat jelas. Keseimbangan memberikan
kesan keteraturan.
Berbagai cara untuk
mendapatkan keseimbangan :
a. Keseimbangan Simetris : objek-objek yang disusun di
sebelah kiri dan sebelah kanan sumbu sama dalam bentuk, ukuran, bangun, dan
letaknya.
b. Keseimbangan Asimetris : diperoleh jika bentuk,
bangun, garis, ukuran, volume diletakkan sedemikian rupa sehingga tidak
mengikuti aturan keseimbangan simetris. Keseimbangan asimetris banyak
dipergunakan untuk desain modern atau kontemporer.
c. Keseimbangan horizontal : keseimbangan yang diperoleh
dengan menjaga keseimbangan antara bagian bawah dan bagian atas.
2.
Keserasian
Suatu usaha untuk menyusun
berbagai macam bentuk, bangun, warna, tekstur, dan elemen-elemen lain dalam
satu komposisi yang utuh agar nikmat dipandang. Serasi atau harmoni bisa
dicapai dengan kesamaan arah, kesamaan bentuk dan bangun meskipun berbeda ukuran
ataupun dengan tekstur yang bersifat sama. Keserasian bisa dicapai dengan
berbagai variasi agar tidak membosankan.
3.
Proporsi
Adalah perbandingan antara
satu bagian objek dengan objek lain atau dengan keseluruhannya. Proporsi
berbeda dengan skala. Proporsi sangat terkait dengan objek lain yang telah
diketahui sebelumnya. Misalnya ukuran gambar yang serasi untuk newsletter jelas
kurang proporsional untuk baliho.
4. Skala
Merupakan ukuran relatif dari
suatu objek yang akan terlihat setelah dibandingkan dengan objek lainnya.
Penggunaan skala dapat menciptakan keserasian dan kesatuan objek dalam desain.
Skala biasanya dinyatakan dengan ukuran panjang dan lebar. Elemen-elemen yang
digunakan memiliki hubungan dalam skala secara konsisten. Penerapan skala
dengan peralatan komputer lebih mudah dilakukan, yaitu dengan memberikan garis
bantu (grid). Objek maupun badan manusia dapat juga digunakan untuk
skala, misalnya kaki, depa, hasta, dan lain-lain.
5.
Irama atau Ritme
Terkait dengan kesan gerak
yang ditimbulkan oleh pengulangan elemen. Di dalam pengulangannya desainer
dapat memberikan akses atau penekanan tertentu. Ritme yang baik dapat
memberikan kesan gerakan yang lembut dan berkesinambungan. Irama mampu
mengarahkan perhatian dari bagian yang satu ke bagian yang lain. Irama dapat
sederhana, namun dapat juga sangat kompleks.
Tema : Desain Teks menggunakan karakter
Desain menggunakan karakter dapat memperkaya tipografi, tidak kaku dan mengembangkan jiwa seni. contoh yang kita dapatkan banyak sekali dalam kehidupan sehari-hari. contohnya seperti font dibawah ini :
Sumber : http://www.desainstudio.com/
Karakter yang terdapat ada teks diatan merupakan hasil modifikasi, kreatifitas dan seni yang dimiliki kreator nya sehingga kesan dari teks diatas hidup, tidak kaku serta menarik karena mengandung seni tipografi. untuk itu sebagai masyarakat multimedia, ayo teruslah berkreasi dari manapun sumber inspirasi itu datang. Maka pada pembelajaran ini,mari amati dan praktekkanlah langkah-langkah pembuatan teks karakter
Pembelajaran pada tema ini dapat dilihat dan diamati serta di praktekkan pada masing-masing siswa.
Berikut tersedia video penjelasan file power point nya :
Untuk lebih jelasnya dapat dilihat step pembuatan desain teks tersebut langsung melalui aplikasi pengolah teks yaitu coreldraw
Nah.. untuk melatih pemahaman dan keterampilan kalian. Mari ikuti quiz berikut ini
<
br />
<
br />
0 komentar:
Posting Komentar